Binus University – Fresh Enrichment Program – General Orientation dan Academic Orientation

Hai temen-temen kali ini gua ingin sharring tentang FEP di Binus. Apa itu FEP?? FEP atau kepanjangan dari Fresh Enrichment Program merupakan masa pengenalan kampus. Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa dapat mempelajari lingkungan campus, beradaptasi, dan mengetahui situasi yang akan dihadapi ketika nanti akan memulai perkuliahan.

FEP sendiri dibagi kedalam 3 program : yaitu General Orientation, Academic Orientation dan Campus Life Orientation.

General Orientation (GO)

pada masa ini para calon mahasiswa akan ditemani oleh beberapa mahasiswa senior yang disebut dengan Buddy Coordinator (BC) selama beberapa hari kedepan. para BC ini telah merelakan waktu libur mereka hanya untuk membantu, menemani dan membimbing para calon mahasiswa Binus agar tidak kebingungan ataupun bila memerlukan bantuan seputar perkuliahan.

mahasiswa baru yang jumlahnya banyak harus dibagi menjadi 6 gelombang dan setiap gelombang dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. nahh gua dibagi kedalam gelombang 5 kelas ke 3 Binus Kemanggisan. kelas kami adalah EBN03 ditentuin oleh Binus. Setiap kelas itu ada BC nya dan jumlahnya itu relativ. kalo gua kemarin BC ada 7 dan kelas gua isinya ada 60an orang dan selama seminggu kurang lebih kita akan lebih bersama kelas tersebut sampai GO selesai.

Academic Orientation (AO)

Sesuai dengan namanya Academic Orientation adalah orientasi yang lebih ke pengenalan Academic. kita diperkenalkan ke dunia jurusan yang telah kita pilih. lebih ke persiapan aja sebelum dimulai kuliah yang sesungguhnya. disini kita akan lebih seperti menghadiri kelas dan belajar bersama Dosen. pada AO ini juga kita akan dikenalkan pada fasilitas penunjang perkuliahan, hal apasaja yang kita butuhkan untuk mengikuti Ujian, Beberapa divisi yang apabila kita memiliki masalah dapat kita konsultasikan dan juga materi dasar dari mata kuliah yang akan sering ada pada sks kita. klo gua kemarin Algoritma dan bahasa pemograman C++. dan hari terakhir Academic orientation biasanya ada Test. test ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kita mengerti materi yang diberikan.

sekian informasi dari saya. Semoga bermanfaat 🙂

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *